Sepanjang tahun 2010, popularitas Facebook dan Twitter bak di atas angin. Sebaliknya, MySpace, Friendster, dan Bebo, perlahan-lahan memudar di jagat jejaring sosial. Apa kabar jejaring sosial di tahun 2011?
Ada
yang mengatakan Facebook batal IPO meski valuasinya sudah mencapai
Rp450 triliun, MySpace dijual, hingga Twitter yang mulai membosankan.
Namun, bicara soal layanan mirip Twitter, nampaknya tahun ini tetap
akan menjadi tren di jejaring sosial.
Pertanyaanya, mengapa Twitter diprediksi akan jadi membosankan?
Pertanyaanya, mengapa Twitter diprediksi akan jadi membosankan?
Layanan
mikroblog itu memang tetap meluncurkan sejumlah fitur-fitur baru ke
depannya, diikuti dengan turunnya eksekutif senior atau regenerasi.
Baru-baru ini, Twitter juga mendapat suntikan dana untuk membangun
platform iklan dan desain ulang.
Namun,
Twitter diprediksi akan fokus pada platform iklan dan meluncurkan
fitur-fitur untuk mendukung bisnisnya semata. Inilah yang ditakutkan
akan membuat perkembangannya lamban. Setahun ke depan, Twitter akan
menjadi salah satu layanan media sosial paling membosankan. Tapi, baru
sebatas ramalan.
Untuk
saat ini, Twitter masih boleh tenang. Tapi, beberapa saat lagi
Twitter kedatangan "teman" baru: Quora. Berbeda dengan Twitter, tapi
bisa dibilang ia menyempurnakan apa yang dipunyai Twitter. Ia muncul
untuk menjadi bursa pengetahuan online dunia.
Semacam
Wiki? Ada yang menyebut demikian. Tidak sepenuhnya salah, karena di
dalam websitenya Quora memang mengatakan akan menampung segala
pertanyaan, jawaban, dan hasil suntingan yang dibuat oleh
penggunanya. Intinya, Quora diharapkan dapat menjawab tiap pertanyaan
seseorang dari berbagai sumber yang terpercaya. Mengumpulkan
pengetahuan? Ya.
Quora
diramalkan akan 'meledak' di tahun ini. Karena fungsinya kurang
lebih sama dengan Twitter, di mana penggunalah yang menghasilkan
konten (user generated content), maka Quora akan memanfaatkan
momen tersebut untuk menjungkalkan Twitter. Terlebih lagi, situs
mikroblog itu diprediksi akan terseok-seok tahun ini.
Situs
tanya jawab sosial Quora asal Silicon Valley bisa saja menjadi
primadona baru tahun ini. Sayangnya, Quora yang diluncurkan Juni 2010
lalu masih belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat umum.
Namun, kami yakin mereka akan memulainya tahun ini, memanfaatkan
momentum Twitter dan siap lepas landas.
Quora
bisa merepresentasikan tren teknologi yang lebih besar, yang mana
dapat memenuhi sebagian besar kriteria kebutuhan rata-rata pengguna
media sosial. Jika di Twitter, Anda bisa mengikuti seseorang, di
Quora Anda juga bisa mengikuti topik dan pertanyaan selain orang.
Artinya, Anda bisa mengikuti hal apa saja yang Anda suka, tidak
sebatas figur atau orang saja.
Kemampuan eksplorasi keinginan penggunanya ini yang bisa membuat Quora kuat. Adiktif, dan besar kemungkinannya ia mengulang kesuksesan Twitter di tahun 2007, di mana semua orang mulai mendaftar dan menggunakannya secara masif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar